Entry: Bandrek Bukan Minuman Star Trek Oct 22, 2008





Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "bandrek" punya dua arti. Posting kali ini mengenai bandrek yang berarti "minuman dibuat dari air panas dengan jahe dan sebagainya". Semasa saya kecil, saya mengira kata "bandrek" diserap dari bahasa Inggris. Mungkin karena terpengaruh film "Star Trek", kata "bandrek" terdengar asing, tidak seperti sepupunya, "bajigur" (minuman dari santan dan gula merah), yang kedengaran "lebih Indonesia" Big Smile

Kandungan jahe yang menghangatkan membuat bandrek cocok diminum di malam hari atau ketika musim hujan tiba. Entah apakah musim hujan yang terlambat tiba membuat pendapatan produsen bandrek menurun, tapi saya rasa kenikmatan saat meminumnya tidak akan berkurang. Sewaktu saya jadi makhluk indekosan di Depok belasan tahun lalu, saya sudah membuktikan bahwa minum kopi di siang bolong pada pukul 14.00, ketika sinar matahari Depok sedang garang-garangnya, tidaklah mengganggu kesehatan dan justru nikmat, meskipun teman sekamar mempertanyakan kewarasan saya. Itu sebabnya, sebagai penggemar wedang-wedangan (yang betulan), saya tidak pernah memandang kapan hari panas atau dingin untuk meminumnya. Sesuai keinginan saja. Artinya, kalau hari sedang dingin tapi hati tidak ingin, ya saya tidak minum wedang apa pun.



Bandrek cap Hanjuang bikinan Cintek, Cimahi, dikemas dengan cantik dan menarik.  Hanjuang adalah tanaman bernama Latin cordyline fruticosa, dengan nama lain lenjuang atau andong. Untuk barang ekspor atau oleh-oleh, bandrek ini cukup memadai. Apa tadi, ekspor? Duh, kasihan para eksportir kita. Barang sudah terkirim, tapi pencairan uang jadi lama, lantaran bank menunggu kiriman uang dari nagri si importir. Kebayang, kan, bagaimana ketar-ketirnya produsen? Barang laku terjual, tapi kok duitnya kagak nongol? Ujung-ujungnya, yang terjadi bisa-bisa PHK massal cry



Omong-omong soal bandrek, di Kota Bogor ada sebuah daerah yang bernama Warung Bandrek. Jangan-jangan dahulu memang pernah ada warung penjual bandrek yang begitu tersohor di sana, sehingga akhirnya dipakai menjadi nama tempat.

   30 comments

Gucci Outlet
September 26, 2012   06:06 AM PDT
 
Ok. I believe you are appropriate!
moncler women
September 26, 2012   03:34 AM PDT
 
For career, dare not say what improvement. Because have been jobs, and although some of his about go hard, but not really is successful, recently came to a new company, is very hard, I went for business, and then give me the opportunity to learn, also let I good effort. ,467395,http://mpokb.blogdrive.com/archive/335.html
Replica Bags
September 22, 2012   11:53 AM PDT
 
Hi, exactly where did you get this info can you please support this with some proof or you might say some very good reference as I and others will actually enjoy. This details is actually great and I will say will usually be helpful if we attempt it possibility free. So if you can back it up. That may really support us all. And this may well bring some good repute for you.
MAC Blush
September 19, 2012   05:56 PM PDT
 
When you look at a mermaid you have to put together an outfit with a bikini top or sexy top and then a tail. Now obviously it is impossible to walk around and dance at your party wearing a full on mermaid's tail, but you can create the same effect using a tight long skirt that is made from shimmery fabric and onto it you should have a fanned out tail part. This can almost be like a train that comes off the back of the skirt. 211
Louis Vuitton Outlet
September 15, 2012   07:57 PM PDT
 
Incredibly inspiring article, Thank you !?!
Cheap Louis Vuitton Outlet
September 12, 2012   10:11 PM PDT
 
Incredibly inspiring article, Thank you !?!
mulberry bags outlet
April 26, 2012   08:36 AM PDT
 
Nice, and thanks for sharing this info with us.Good Luck!,026379,http://mpokb.blogdrive.com/archive/335.html
admin hanjuang
October 10, 2011   12:47 PM PDT
 
kalo mau coba aneka minuman tradisional khas priangan, bisa pesan online lo di hanjuang.com...
yudarwan
March 17, 2010   06:42 AM PDT
 
Bu...... tempat pesan bandrek nya di mana kalau bisa tolong cantumkan almat atau no hp yang bisa di hubungi
qomar
October 1, 2009   11:42 PM PDT
 
tolong donk aq dikasih daftar harga bandrek yang instan,,,,klo bisa nnt aq mau pesan...skalian cara pesan gmn?...agen yang di semarangnya dmn,,udah ada pa belum...thks ya.
ivan
July 18, 2009   11:01 AM PDT
 
bandrek yang sesungguhnya ya bandrek abah dong...bandrekabah.blogspot.com
mpokb
February 3, 2009   10:40 AM PST
 
@ iis : di beberapa toserba ada kok.. hipermarket juga ada yang jual :)
iis
January 21, 2009   02:15 PM PST
 
kopi bandrek hanjuang bisa dbli dmn?
mimi
November 1, 2008   12:12 AM PDT
 
dulu waktu masih sering maen ke bogor pasti sama temen diajak minum bandrek di warung2 gitu, ada banyak warung yang jual kok mpok, gak tau deh kalo sekarang.
Di deket rumah ada yang jual bandrek abah kemasan botol, mirip sirup tapi bukan sirup, bandrek yang super kental tinggal disiram air panas.. uenaknyaaa waduuuhhh... pokoknya lebih enak dari hanjuang (aye jg masih suka sih sama hanjuang)
Waktu naik ke Papandayan, ada warung yang jual bandrek uenak juga, bikin langsung, gak nyeduh, alias bener2 diracik saat dipesan, itu juga muanteb pol hehehe...
(lg mbayangin nyruput)
Tito Sigilipoe
October 29, 2008   03:27 PM PDT
 
Inget bandrek yang atas tu mpokb pernah beliin buat aku. Trus Mpokb tanya bedanya apa tu karena ada dua kemasan yang warnanya berbeda. Yang jual menjawab, "Oh, yang satu buat dewasa." Wakakakak XD
Indah
October 28, 2008   08:00 AM PDT
 
Wah, Mpok, itu bandrek di gambar yang Mpok pejeng yang atas itu, enak ya rasanya? Kemarin ini udah sempat mau beli tapi takut ga enak jadi ditaruh lagi dhe, hahaha :p

Btw, kalau yang di gambar bagian atas di toko buah Total dijual kok, kemarin ini gua ngeliatnya di sana, hehehe ^o^
danu
October 27, 2008   10:12 PM PDT
 
<i>oleh2 nanda waktu acara sekolah ke hanjuang. enak emang kalo lagi dingin macam hari2 ini yg hujan mulu.</i>
wku
October 27, 2008   06:44 PM PDT
 
nah ini dia... saya pernah beli yang ini... uenak tenan ya... apalagi dingin gini, mana rada pilek lagi... tapi gak tau di mana yang jual, lha wong dulu malah belinya di jogja kok...
bri
October 26, 2008   10:10 PM PDT
 
buuuu, lo kok selalu dpt aja produk2 seperti ini :)
regsa
October 25, 2008   09:35 PM PDT
 
star trek ama bandrek.. hehehe ngubunginnya jauh
saya ngak suka minum wedang-wedangan yang beraroma jahe.. perut saya jadi kembung.. aneh ya ?
eh bandrek berasa jahe khan :lol:
esha di birulangit
October 24, 2008   11:23 PM PDT
 
Bicara soal makanan dan minuman tradisional,saya jadi ingat dengan waralaba makanan luar negeri yang menjamur di sini....Mungkin karena pada dasarnya lidah saya yang "ndeso",saya tidak mampu menikmatin enaknya makanan tersebut....apakah itu hanya sekedar jualan yang dibungkus dengan gaya hidup sehingga banyak penggemarnya dan menjadi gengsi tersendiri...?barangkali suatu saat makanan dan minuman tradisional kita bisa tumbuh menjadi makanan dan minuman bergengsi
Masenchipz
October 24, 2008   08:17 PM PDT
 
he.he.. gak napa ya.. gw kok gak suka ama ini bandrek... bukannya apa2 lho.. cuma gak tau nih.. dari dulu gak seneng ama rasanya... he..he.. aneh gw ya... maav
ichanx
October 24, 2008   12:28 AM PDT
 
jadi inget jaman sma... maen ke kampung2 di pedalaman jawa barat... nongkrong di warung2 kecil pedesaan... minum bandrek dan makan mie rebus... cuaca dingin pula....
mpokb
October 23, 2008   03:59 PM PDT
 
to oon : ditambah kupi jadi enak kali on..?

to yoyo : pernah lihat, bung. dijual botolan yak? sayang waktu ke ciwidey tempo ari nggak sempat beli..

to mayssari : memang mirip2 ya, jenis minuman berjahe di jawa :)

to edratna : iya bu. ini hari cocok kayaknya :D

to iteung : hayah... felufa

to tuteh : yang laen siluman, eh, ngontrak ya teh... :P
tuteh
October 23, 2008   03:36 PM PDT
 
*hummmm* dingin2 or ujan gituh, mimik bandrek. Walaaahhh dunia milik sendiri dah *cieeeeh* :D
iteung bidadari badung
October 23, 2008   02:34 PM PDT
 
Halah.. bandrekku kari nang omah, Jess!
edratna
October 23, 2008   02:13 PM PDT
 
Bandrek memag enak, apalagi diminum saat hujan.....
mayssari
October 23, 2008   09:16 AM PDT
 
Di Solo juga adanya kemasan bandrek instan yang diseduh air panas trus diminum... tapi enak yang aslinya kali ya? Kapan bisa minum ....
Yoyo
October 23, 2008   08:17 AM PDT
 
Mpok, udah pernah coba Bandrek Abah ? dari Bandung juga, bahkan ada warung Bandreknya, di sekitar Ciwidey (Kawah Putih), sekali-kali kalau ke Bandung, mungkin bisa coba..... :)
oon
October 22, 2008   09:14 PM PDT
 
bandrek instant juga ada mpok...panas tapi manis sekali :(

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments