Entry: Gelas Raksasa Gelas Simbah Oct 16, 2008





Gelas beling raksasa plus tutup tanpa merek ini baru saja diantarkan oleh rekan kantor yang baik hati, tidak sombong dan suka jalan-jalan ke meja kerja saya. Gelas pembagian, jatah karyawan. Rumor tentang pembagian gelas pribadi ini memang sudah lama beredar di ruang rihat. Rencananya, setiap karyawan akan punya gelas minum masing-masing yang harus diperlakukan sebagaimana mestinya secara pribadi, tanpa pandang bulu. Artinya, bisa jadi rencana untuk membebaskan opisboi dan klining serpis dari kewajiban mencuci gelas karyawan akan segera terwujud dan mereka bisa lebih berkonsentrasi pada apa yang merupakan tugas mereka sebenar-benarnya.

Gelas beling ini mengingatkan saya pada almarhum kakek saya, yang dipanggil Mbah Kung oleh cucunya (beliau tidak mau dipanggil "eyang"). Kesehatan ginjal Mbah Kung sudah terganggu sejak perut beliau merasakan injakan sepatu bot tentara Jepang selama di bui. Semasa Mbah Kung masih hidup, beliau selalu minum air putih dari gelas yang persis dengan gelas ini. Dalam bayangan saya, pemakai gelas besar adalah seorang ayah dalam sebuah keluarga. Meskipun si ayah sering turne berminggu-minggu, atau hanya minum bersama keluarga pada pagi dan malam hari, gelas yang disediakan hampir selalu gelas terbesar di rumah.

Begitulah, karena karyawan tidak punya punuk seperti unta yang bisa menyimpan air berlama-lama dalam jumlah besar, demi ketertiban dan demi efisiensi (tenaga opisboi dan klining serpis, tenaga karyawan untuk bolak-balik ke ruang rihat ambil minum, meskipun yang terakhir ini bisa dipertanyakan), maka gelas beling raksasa ini dibagikan. Bagi penggemar segala seragam dan kepraktisan, bahkan kaum minimalis yang bersahaja, gelas semacam ini adalah sebuah kemajuan. Bagi yang ingin selalu tampil beda dan trendi, gelas polos adalah peluang untuk menuangkan kreativitas Big Smile

PS : Kira-kira ada pembagian piring makan dan sendok garpu, nggak ya?

   24 comments

Dedi Irwansyah
November 20, 2016   01:07 PM PST
 
Asli ini gelas kesukaan gue kalau minu kopi. soalnya bisa bikin banyak dan puas banget... hahaha
discount timberland
September 23, 2012   06:50 AM PDT
 
I found that most people choose as your website, I believe that this site has very good writing. I often come here to visit, be grateful.,567153,http://mpokb.blogdrive.com/archive/334.html
2012 Michael Kors
September 20, 2012   06:04 AM PDT
 
Excellent post. It makes me realize the energy of words and pictures. I learn a lot, thank you! Wish you make a further progress in the future.,989410,http://mpokb.blogdrive.com/archive/334.html
Coach Factory Outlet Online
September 15, 2012   05:23 PM PDT
 
I saw this actually excellent post these days!
Air Jordan Shoes Outlet
September 14, 2012   01:54 PM PDT
 
This article tell the reality of very important organization and clearly gives the reasons that what they are doing. Very information article and actions should be taken against such organizations,815978,http://mpokb.blogdrive.com/archive/334.html
LED MCPCB Board Manufacturer
July 25, 2012   02:33 PM PDT
 
In the wake of the ever rising demand for reliable products, we are engaged in offering a wide assortment of LED Board.
2012 Moncler
May 27, 2012   05:11 PM PDT
 
Your article is too interesting, I was deeply attracted to your work, let people indulge in pleasures without stop I enjoy your articles,384567,http://mpokb.blogdrive.com/archive/334.html
jordans chaussures nouvelle
April 8, 2012   11:52 PM PDT
 
Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. ,313444,http://mpokb.blogdrive.com/archive/334.html
Pandora Bracelets
April 8, 2012   01:26 AM PDT
 
Liked you on Facebook, too. =),476724,http://mpokb.blogdrive.com/archive/334.html
bangpay
October 22, 2008   05:35 PM PDT
 
kok kayak gelasku.... :)
wku
October 21, 2008   07:01 PM PDT
 
itu gelas buat ngopi ndak cocok, buat ngeteh juga ndak afdol, cocoknya emang buat es doger...
Name
October 21, 2008   04:16 PM PDT
 
Aduh Bon...
Eike jadi malu nih...

Dah dipakai ya gelasnya?
Gelas eike masih tersimpan...
Nggak suka beling sih...
Dah insyaf, nggak ikut reog lagi..
Haaaaaa...
mikow
October 21, 2008   09:35 AM PDT
 
disini masing2 gelas di kasih nama pake ukiran (graftir gitu ya namanya kalo ga salah)
edratna
October 20, 2008   09:32 AM PDT
 
Wahh kantornya brilian tuh, biar masing-masing mencuci sendiri peralatan makannya. Mungkin bos sudah tahu, banyak OB di suruh-suruh karyawan, dari mencuci piring, gelas, membelikan makan siang dsb nya...tapi yang bos tak tahu, OB dengan senang hati melakukan pekerjaannya karena ada tip tambahan. Bahkan besar tip dari karyawan ini (lha setiap kali makan siang, per orang memberi tip minimal Rp.1000,-) melebihi gajinya sebulan....
regsa
October 19, 2008   05:55 PM PDT
 
jadi inget juga gelas besar dirumah . Dan gelas itu 'hanya' dipergunakan oleh bapak saya . Saya dulu suka nyuri-nyuri teh yg dihidangin digelas itu, rasanya beda antara aroma teh bercampur tembakau... hehehe karena bapak saya perokok
Rian
October 19, 2008   05:43 PM PDT
 
Kalo Gelas "jatah" saya udah berumur 2 tahun.. belum diganti-ganti :)
Esha
October 19, 2008   11:48 AM PDT
 
Jaman dulu,simbah saya memakai gelas gede adalah gelas untuk menikmati hidup,gelas "mat-matan"...biasanya dipergunakan untuk menyeduh teh dengan gula batu besar di dalamnya...tehya pun teh tertentu....kala itu di Yogya teh yang dianggap nyamleng adalah teh "Tang"..saking besar gulanya sekalipun ditambah air berkali-kali ya tetep aja manis....saya sendiri heran..orang jaman dulu kuat bener seharian minum manis.....
stey
October 18, 2008   11:19 PM PDT
 
gelasnya sama persis sama yang saya pake dikantor..
bri
October 18, 2008   07:41 PM PDT
 
kayak gelas bokap gue di rumah....
siwoer
October 17, 2008   02:35 PM PDT
 
di sini juga dapet jatah gelas, biar gak segedhe gaban.

tapi kalo abes ya jalan sendiri & ngisi sendiri, kalo nunggu OB emang kuat nahan hausnya. Mana OBnya disuruh2 ke tampat laen.

Pok, kalo ada pembagian sandal jepit, kirim ke sini ye, putus nih, tadi ke WC ngembat sandal sebelah :P
mayssari
October 17, 2008   08:46 AM PDT
 
iya, gelas terbesar di rumah saya juga disediakan untuk suami. Di kantor saya pembagian jatah gelas pernah dilakukan, tapi trus akhirnya, karena kita2 males nyucinya akhirnya kita pilih air minum kemasan sekali pakai. Ya, jadilah tiap meja ada satu botol besar, saya sendiri pada jam kerja habis 1,5 liter tiap harinya... Boros ya? Botol plastiknya... Tapi efisiensi juga karena musti ngawasi anak dari jam 7 ampe jam 16.00
Anang
October 17, 2008   08:36 AM PDT
 
wah ide brilian tu, bener sekalian bagi2 alat makan, trus bagi2 makan minum tiap hari.
enaknya
tito
October 17, 2008   01:34 AM PDT
 
Saya kalau minum biasanya pake gelas segitu, cleguk cleguk. Saya biasa minum banyak, Emak ogah kalau bikin minum buat saya berkali-kali jadi dibeliin gelas gede. Mpok, si blogdrive udah bisa nongolin kategori posting. tinggal ngetik [categories] doang di main template. Lumayan walaupun telat.
bidadari badung
October 16, 2008   05:45 PM PDT
 
BLT jenis baru?! Seinget aye ni mpok, si Ayah selalu punya dua gelas besar.. Atu' untuk air puti, atu' lagi buat kopi. Hmm..jadi pengen ngupi dah. Mpok sii!!

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments