Entry: pada suatu hari di sekolah alam bogor Sep 19, 2008



 

Menyenangkan dan membebaskan, itu kesan saya saat untuk kedua kalinya berkunjung ke Sekolah Alam Bogor, tempat Obik bersekolah. Lho, kesan saat pertama kali? Gelap, karena saya datangnya malam hari. Maka kunjungan beberapa bulan lalu ini cukup menebus rasa penasaran saya tentang sekolah yang ingin mendekatkan anak "modern" dengan alam ini.



Mungkin karena karena temanya dekat dengan alam, maka bangunan kelas yang didirikan pun dari kayu, bukan dari tembok. Beberapa kelas malah tidak ada dindingnya, atau hanya separuh. Kelas terbuka, apa tidak takut masuk angin di Kota Hujan Bogor? Aha, itu rahasia alam Smile Meskipun demikian, jendela bangunan di lantai dua tetap dipasangi kaca, seperti bangunan kantor di bawah ini.



Saya tidak sempat melihat ke semua ruang kelas. Yang satu ini cukup mengesankan. Kelas Pinguin. Tidak ada meja atau bangku, karena mungkin memang tidak perlu. Dinding tidak ada, tapi foto Presiden dan Wapres tergantung juga Big Smile







Dan..taman bermain. Kebanyakan anak kecil memang suka melakukan hal-hal berbahaya. Semakin dilarang, malah semakin menantang. Makanya, sekalian saja disuruh main panjat-panjatan. Hehe, itulah teori ngawur saya.. Waktu saya ke sana, beberapa anak sedang asyik main dengan diawasi para orang tua.



Lho, kok orang tua berdatangan? Iya, karena hari itu adalah hari wisuda bocah-bocah TK. Upacaranya mirip wisuda sarjana, hanya saja jauh lebih sederhana. Buat lucu-lucuan, boleh juga. Hitung-hitung melatih keberanian anak buat tampil di depan orang banyak Wink



PS : Acara bulan Juni, posting bulan September. Moga-moga belum basi, ya.. Angel

   33 comments

Name
September 27, 2012   10:06 PM PDT
 
Wow. I've been reading your stuff for about a year now and this is basically the only sh*t I dont agree with. Give atleast a little credit where credit is due. Kobe got his ass kicked by this so called fluke. So what? Chill out. No one said the Rockets were the best team.,677816,http://mpokb.blogdrive.com/comments?id=330
water proof shoes
September 27, 2012   08:31 AM PDT
 
thanks for your article,like your blog very much,well done,041181,http://mpokb.blogdrive.com/comments?id=330
Coach Outlet
September 18, 2012   03:57 AM PDT
 
Cheers for the info. Greatly appreciated.
Coach Outlet
September 17, 2012   11:00 PM PDT
 
You've got your point via a great deal far better than I at any time could, thank you!
Cheap Coach Purses
September 12, 2012   11:05 PM PDT
 
Great post! I'll subscribe proper now wth my feedreader computer software!
3W High Power LED
July 25, 2012   02:39 PM PDT
 
Offered by us is a quality-approved range of LED Bulbs, which holds a huge demand in the industry.
belstaff jackets
June 28, 2012   06:43 PM PDT
 
thanks for your article,like your blog very much,well done,839522,http://mpokb.blogdrive.com/comments?id=330
ipoel
October 29, 2010   05:13 PM PDT
 
fasilitas d sekolah alam bogor apa sj?
pipik
September 26, 2010   01:47 PM PDT
 
bagus sekali..sy terinspirasi sekali,krn ada rencana sy membuka TK dengan konsep sekolah alam. smg bs bekerja sama
galih
November 22, 2009   12:44 PM PST
 
Sekolah Alam itu bagus sekali .Aku seneng sekolah disana
Disana itu tempatnya sejuk ,banyak pohon dan teduh ya..... masih umur 9 tahun pasti seneng
masih kelas 4 SD
Name
May 30, 2009   08:19 PM PDT
 
gimana caranya biar bsa ngajar di sekolah alam ini yaa?butuh tenaga kerja nggak?hehe thx info nyaa
Ferisa
January 9, 2009   11:06 AM PST
 
Kalo aku diberi kesempatan untuk kembali ke masa kecil dulu, mau banget tuh belajar di Sekolah yang bernuansa alam. Pasti enggak ngebetein ya...
Name
January 9, 2009   11:04 AM PST
 
Kalo aku diberi kesempatan untuk balik lagi ke masa kecil dulu, mau banget tuh sekolah di Sekolah yang bernuansa alam. Pasti nggak ngebetein yaa... (FB)
ie'
November 8, 2008   05:33 PM PST
 
asik loh sekolah di sekolah ntu...aku langsung tertarik hanya karena diawali dengan penyambutan yang ramah oleh warga sekolah...tetap semangat!
ie'
November 8, 2008   05:33 PM PST
 
asik loh sekolah di sekolah ntu...aku langsung tertarik hanya karena diawali dengan penyambutan yang ramah oleh warga sekolah...tetap semangat!
mpokb
October 21, 2008   12:43 PM PDT
 
to goesnoel : wah, ketahuan deh sama penjaga gawang :D nah, pembaca blog silakan kontak ybs untuk info lebih lanjut yak..
goesnoel
October 19, 2008   09:11 PM PDT
 
Salam kenal. Makasih ya sudah meliput sekolahalam bogor. Bagi temans yang mo info lebih lanjut, silahkan kontak saya di goesnoel@yahoo.co.id. Kebetulan sekarang saya diamanahi sebagai penjaga gawang di salam bogor.
mpokb
October 13, 2008   10:37 AM PDT
 
to edratna : dulu kakak sulung saya juga sekolah di tk mexindo itu bu. sampai sekarang tk-nya masih ada dan aktif :D
edratna
October 11, 2008   06:28 PM PDT
 
Saya jadi ingat, saat kuliah di Bogor, anaknya tante kost sekolah di Taman Kanak-kanak Meksiko.....kalau tak salah di jalan Malabar (terusannya Ruma Sakit II)....ruangan kelasnya tanpa bangku dan banyak tempat main, untuk memanjat dan lain-lain. menyenangkan sekali, bukankah dulu saat kecil kita juga suka memanjat?
mpokb
October 10, 2008   10:27 AM PDT
 
untuk info sekolah silakan tanya langsung ke sekolah alam bogor, telp. 0251-8662889 atau 0251-7137892
Name
October 6, 2008   05:40 PM PDT
 
Bisa minta Info lebih lanjut bu...???

Alamat, Telepon/Fax, ato alamat Portal/Email...

Thanks b4...
nengjeni
September 25, 2008   11:32 AM PDT
 
sekolahnya yang di Tanah Baru ya mpok? Keponakan saya juga di sekolah alam yg di Dago, Bandung, mereka amat aktif, kreatif dan PD abis
Name
September 25, 2008   11:28 AM PDT
 
asyik kok, artikelnya enak dibaca...
salam kenal dari mbrebes..
Indah
September 23, 2008   07:23 PM PDT
 
Menarik ya, Mpok, sekolahnya ^o^

Bagus juga sih kalau dari kecil anak2 udah didekatkan dengan alam ;)
yusuf alam
September 23, 2008   05:09 PM PDT
 
setuju wama wku... kawin dulu, cepet punya anak trus nyekolahin di situ... he he he he
mpokb
September 23, 2008   01:00 PM PDT
 
wah, kalo masalah biaya, aye kurang paham. mesti tanya langsung ke sekolah bersangkutan. dari pengamatan sekilas, latar belakang sosial murid heterogen. ada yg ke sekolah naik angkot, ada yg naik motor, ada yg naik mobil. intinya, mereka bukan anak-anak yg terisolasi, apalagi disterilisasi, gitu :)
iway
September 22, 2008   11:12 AM PDT
 
ini yang kayak di ciganjur itu yak mpok, pengen sih anakku ke sekolah itu, tapi mahal yak, bulanannya kayak uang semesteranku dulu waktu kuliah :P
mayssari
September 22, 2008   10:28 AM PDT
 
konsep sekolah macem ini sekarang juga mulai banyak dilirik di solo dan sekitarnya. hanya sayangnya, biaya yang diberikan juga masih cukup tinggi dan hanya terjangkau bagi mereka yang berasal dari keluarga menengah ke atas. Sementara banyak anak2 lain yang pastinya ingin juga mendapatkan fasilitas macem ini dari kalangnan masyarakat bawah... sayangnya kesempatan belum ada.. yang memprihatinkan di dunia pendidikan...
ichanx
September 22, 2008   04:22 AM PDT
 
ada ya sekolah kayak gitu.... lucu... heehe
bri
September 21, 2008   09:55 PM PDT
 
uang sekolahnya pasti mahal ya?
regsa
September 20, 2008   09:08 PM PDT
 
sekolah yang mengasyikkan, menyatu dengan alam, nyaman tanpa takut kegerahan . Semilir angin mungkin bisa menambah konsentrasi dalam menyerap pelajaran ato malah bikin ngantuk :D
Anang
September 20, 2008   07:40 AM PDT
 
basi nggak basi yg penting acaranya menjadi cerita yg menarik untuk dibagi dalam bentuk tulisan blog.
wku
September 19, 2008   06:12 PM PDT
 
ehmm.. belom basi kok... jadi cepet punya anak trus nyekolahin ke situ... hehe... padahal kawin aja belom...

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments