Entry: tape jadoel kediri bikinan bogor Sep 12, 2008





Tape ("tapai", dalam KBBI) ini masih baru, bikinan Agustus 2008, bukan Agustus 1945. Namun, bahasa yang dipergunakan di labelnya mengingatkan saya pada majalah dan batjaan tempo doeloe peninggalan Simbah. Ini bukan mau menyaingi Pemulung, lho. Gara-gara labelnya pula saya memilih tape ini, bukan yang lain. Lho, kok seperti iklan apa gitu, yak? Memang ini sekalian iklan, meskipun saya tidak dibayar, karena berbagi informasi tidak harus selalu mengharap uang... Tapi, tape? Bukan! Bukan pula ingin dibilang sok pendukung industri rumahan. Saya hanya kagum dengan orang-orang yang berani berwirausaha, di tengah serbuan produk global kok ya masih berani-beraninya lho (!), tampil dengan kudapan lokal yang bersahaja ini setelah... Hm, siapa penemu tape alias peuyeum, dan pada tahun berapa? Celaka dua belas! Jangan-jangan setelah ini tape dipatenkan oleh orang asing? Bergeraklah, Juragan tape! Jangan sampai nanti Anda harus membayar perusahaan besar ribuan dolar hanya untuk membikin tape.

 

Lalu, bagaimanakah rasa si Tiga Goenoeng Mas produksi Kemang, Bogor, yang bikin mbak pramuniaga cekikikan saat kesulitan baca mereknya ini? Soal koealitas yang "Soeper Premium", saya angkat topi (pura-puranya, karena jarang pakai topi). Kurang paham apa yang dimaksud dengan "Green Label". Duh.. Jadi ikut bangga dan terharu, orang Bogor bisa bikin yang beginian. Hehe, mungkin "terharu" itu hiperbolis. Yang tidak hiperbolis, tape ini mengingatkan saya pada tape bondowoso dari Jawa Timur yang sudah lama tersohor itu. Bedanya, tape bondowoso berwarna putih, sedangkan tape yang ini kuning, karena dibuat dari singkong mentega. Lalu, kenapa ada tulisan "Kediri" segala? Nah, itu saya kurang paham.



PS : Jangan khawatir, meskipun sudah ada peuyeum kemasan, saya akan tetap beli juga peuyeum pikulan si mamang kok. Eh, peuyeum pikulan? Masih adakah?

   21 comments

best price karen millen dresse
October 15, 2012   06:25 PM PDT
 
Cons - There have been some complaints by people who claim that the shoe can be destroyed easily. This is seen after vigorous activity. ,894403,http://mpokb.blogdrive.com/archive/329.html
Links of London Mens
May 7, 2012   10:55 PM PDT
 
i come here first time. Thank you for sharing your admin would get ready a severely beneficial write-up I congratulate.s I very agree with your views from here.,550097,http://mpokb.blogdrive.com/archive/329.html
Andy
October 5, 2010   08:47 PM PDT
 
Aku pingin pesen tu tape, gimana carabya ya, no yang bisa dihubungi berapa?
Surya
December 25, 2008   01:54 PM PST
 
Saya ingin menewarkan ragi tape kualitas no.1, sudah banyak dipakai di daerah Bendul (Purwakarta), Cipatat,Sukabumi dll. Kalau Anda ingin mencoba silahkan hub. 08886704885. Alamat: Jl. Olah raga 19, Arcamanik, Bandung. Terimakasih.
isnuansa
September 18, 2008   06:56 PM PDT
 
Di tempat saya, peuyeum dikelilingin pake sepeda dengan "bronjong" gede di samping kiri kanan. Maaf, saya nggak tahu bahasa indonesianya bronjong... :)
escoret
September 18, 2008   03:28 PM PDT
 
selapas kerja....sambil es kopimix..!!!
cocok buat temen tuh tape..!!!!
ario saja
September 17, 2008   11:52 PM PDT
 
gini bos... emang bener banyak produk lokal yang dah di patenkan luar negeri... so jangan gila dong!! jangan sampe bertambah lagi produk kita yang di patenkan luar negeri
neng
September 17, 2008   01:31 PM PDT
 
duh.. jadi kangen ama si mamang tape..
venus
September 17, 2008   02:04 AM PDT
 
mpok, saya mau satu mpok :D
paman tyo
September 16, 2008   03:06 AM PDT
 
Huahahahaha! Khas ejaan latah, sok kuno, tanpa paham zaman, sehingga apapun yang "u" diubah jadi "oe". maka adalah "koealitas" dan "soeper", tapi premium tetap "premium". :D

Kenapa tdak pakai "kwaliteit" ya? "Kualitas" itu muncul eh meluas setelah orde baru. :D

Hebat, Mpok! Bagi dong tapenya...
oon
September 15, 2008   12:07 PM PDT
 
orang asingnya dipateni aja mpok...bikin keki emang ya paten :p

kebanyakan produk rumahan belum dibungkus dengan cantik...tp giliran dikemas rapi...jadi agak mehel hahahaha.....

eh katanya kalo suka makan tape muka jadi gak jerawatan ya mpok?
mlesat
September 15, 2008   10:40 AM PDT
 
Hidup industri rumahan! Secara.. bini gw juga menjadi industriwati di rumah.
suci
September 15, 2008   09:39 AM PDT
 
tape tape tape
kalo di sini biasanya dijual dibungkusan daun pisang gitu
mayssari
September 15, 2008   08:49 AM PDT
 
di solo masih ada orang jualan tape pikulan mpok... tanpa label tanmpa merk tapi.. rasanya... Hm..... yummmi deh...
Tito
September 14, 2008   11:52 PM PDT
 
wah tapenya sudah kadaluwarsa sekarang dong, mpok. Padahal mau minta :(
bri
September 14, 2008   10:18 PM PDT
 
kok elo nemu aja ya
stey
September 14, 2008   08:23 PM PDT
 
tape ketan gitu mpok?
tuteh
September 13, 2008   09:30 PM PDT
 
Orang Indonesia mungkin belom tau kalo ubi/singkong yang paling enak tuw dari Ende :p namanya UBI NUABOSI. Tanya sama semua orang Flores pasti tau tuh ubi nuabosi :p enak diapain aja apalagi TAPE! :D enakna kalo udah beli ubi nuabosi, dikukus, diragi... wuih sadap :D
Btw jadi inget dulu Gubernur datang ke Ende teyus rumahku yang dipilih untuk sosialisasi... pak Gubernur minta ubi nuabosi gorengnya dibawa pulang ke Kupang :p dianter mpe pintu pesawat (Inget pak Piet Tallo yang udah gak jadi Gubernur).
*slurps* :p
Luthfi
September 13, 2008   08:27 AM PDT
 
setauku yang jualan peuyem di Bgr, di dekat PJM
lainnya, nggak tau
*kuper*
regsa
September 12, 2008   08:22 PM PDT
 
Dalam hal makanan saat ini, kita ngak harus nunggu ke kediri ato dapat oleh-oleh untuk sekedar mencicipi tape kediri, karena bisa jadi tape khas kediri itu diproduksi di Bogor . Tapi mungkin ada sedikit perbadaan citra rasa, karena bahan yang digunakan singkong dari jenis laen..ah yang penting khan ada tulisan Kedirinya ... :lol:

Eh mpok di Batam ..orang jualan peuyeum ngak di pikul tapi dijajakan pake motor . Jadi ngak ada rasa khas keringat penjualnya.. hehehe
Ogut
September 12, 2008   07:38 PM PDT
 
Waktu ngekos dulu ogut suka beli ntuan tuh Mpok. Biasanya buat iseng sekalian "urus perut" :)

Soal beli-membeli, ogut lebih demen beli dari abang-abang pikulan nyang liwat tinimbang nyang beli di toko-an :D

Bukannya sok mendukung ekonomi-kerakyatan, tapi emang nyang dari model tradisionalan macem begituan rasanya lebih maknyus. Dari baunya udah khas. Palagi peuyeum nyang udah lenyek -- raginya lebih terasa

PS: jigana mah eta peyeum tiasa mampir ka bumi abdi, Mpok :p

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments