<body>

Oct 22, 2008

uneg-uneg si mpokb >>>>

Bandrek Bukan Minuman Star Trek



Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "bandrek" punya dua arti. Posting kali ini mengenai bandrek yang berarti "minuman dibuat dari air panas dengan jahe dan sebagainya". Semasa saya kecil, saya mengira kata "bandrek" diserap dari bahasa Inggris. Mungkin karena terpengaruh film "Star Trek", kata "bandrek" terdengar asing, tidak seperti sepupunya, "bajigur" (minuman dari santan dan gula merah), yang kedengaran "lebih Indonesia" Big Smile

Kandungan jahe yang menghangatkan membuat bandrek cocok diminum di malam hari atau ketika musim hujan tiba. Entah apakah musim hujan yang terlambat tiba membuat pendapatan produsen bandrek menurun, tapi saya rasa kenikmatan saat meminumnya tidak akan berkurang. Sewaktu saya jadi makhluk indekosan di Depok belasan tahun lalu, saya sudah membuktikan bahwa minum kopi di siang bolong pada pukul 14.00, ketika sinar matahari Depok sedang garang-garangnya, tidaklah mengganggu kesehatan dan justru nikmat, meskipun teman sekamar mempertanyakan kewarasan saya. Itu sebabnya, sebagai penggemar wedang-wedangan (yang betulan), saya tidak pernah memandang kapan hari panas atau dingin untuk meminumnya. Sesuai keinginan saja. Artinya, kalau hari sedang dingin tapi hati tidak ingin, ya saya tidak minum wedang apa pun.



Bandrek cap Hanjuang bikinan Cintek, Cimahi, dikemas dengan cantik dan menarik.  Hanjuang adalah tanaman bernama Latin cordyline fruticosa, dengan nama lain lenjuang atau andong. Untuk barang ekspor atau oleh-oleh, bandrek ini cukup memadai. Apa tadi, ekspor? Duh, kasihan para eksportir kita. Barang sudah terkirim, tapi pencairan uang jadi lama, lantaran bank menunggu kiriman uang dari nagri si importir. Kebayang, kan, bagaimana ketar-ketirnya produsen? Barang laku terjual, tapi kok duitnya kagak nongol? Ujung-ujungnya, yang terjadi bisa-bisa PHK massal cry



Omong-omong soal bandrek, di Kota Bogor ada sebuah daerah yang bernama Warung Bandrek. Jangan-jangan dahulu memang pernah ada warung penjual bandrek yang begitu tersohor di sana, sehingga akhirnya dipakai menjadi nama tempat.


ivan
July 18, 2009   11:01 AM PDT
 
bandrek yang sesungguhnya ya bandrek abah dong...bandrekabah.blogspot.com
mimi
November 1, 2008   12:12 AM PDT
 
dulu waktu masih sering maen ke bogor pasti sama temen diajak minum bandrek di warung2 gitu, ada banyak warung yang jual kok mpok, gak tau deh kalo sekarang.
Di deket rumah ada yang jual bandrek abah kemasan botol, mirip sirup tapi bukan sirup, bandrek yang super kental tinggal disiram air panas.. uenaknyaaa waduuuhhh... pokoknya lebih enak dari hanjuang (aye jg masih suka sih sama hanjuang)
Waktu naik ke Papandayan, ada warung yang jual bandrek uenak juga, bikin langsung, gak nyeduh, alias bener2 diracik saat dipesan, itu juga muanteb pol hehehe...
(lg mbayangin nyruput)
Tito Sigilipoe
October 29, 2008   03:27 PM PDT
 
Inget bandrek yang atas tu mpokb pernah beliin buat aku. Trus Mpokb tanya bedanya apa tu karena ada dua kemasan yang warnanya berbeda. Yang jual menjawab, "Oh, yang satu buat dewasa." Wakakakak XD
danu
October 27, 2008   10:12 PM PDT
 
<i>oleh2 nanda waktu acara sekolah ke hanjuang. enak emang kalo lagi dingin macam hari2 ini yg hujan mulu.</i>
wku
October 27, 2008   06:44 PM PDT
 
nah ini dia... saya pernah beli yang ini... uenak tenan ya... apalagi dingin gini, mana rada pilek lagi... tapi gak tau di mana yang jual, lha wong dulu malah belinya di jogja kok...
mpokb
October 23, 2008   03:59 PM PDT
 
to oon : ditambah kupi jadi enak kali on..?

to yoyo : pernah lihat, bung. dijual botolan yak? sayang waktu ke ciwidey tempo ari nggak sempat beli..

to mayssari : memang mirip2 ya, jenis minuman berjahe di jawa :)

to edratna : iya bu. ini hari cocok kayaknya :D

to iteung : hayah... felufa

to tuteh : yang laen siluman, eh, ngontrak ya teh... :P
iteung bidadari badung
October 23, 2008   02:34 PM PDT
 
Halah.. bandrekku kari nang omah, Jess!
mayssari
October 23, 2008   09:16 AM PDT
 
Di Solo juga adanya kemasan bandrek instan yang diseduh air panas trus diminum... tapi enak yang aslinya kali ya? Kapan bisa minum ....
oon
October 22, 2008   09:14 PM PDT
 
bandrek instant juga ada mpok...panas tapi manis sekali :(

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments








Blogdrive