<body>

Oct 28, 2008

uneg-uneg si mpokb >>>>

kopi dari tiga pulau di indonesia

Posting kali ini mirip etalase toko yang memajang beberapa jenis kopi. Untung tak bisa ditolak, malang tak usah diraih. Namanya juga rezeki, kenapa harus ditolak? Maka saya terima saja dengan lapang dada oleh-oleh kopi dari tiga pulau di Indonesia ini. Itulah berkah mudik buat saya yang seumur hidup nggak pernah mudik untuk berhari raya. Selain mendengarkan kisah-kasih mudik, saya kebagian juga kopi bubuk dari kerabat pemudik, atau kerabat dari kerabat pemudik.

Pertama, kopi "Aroma" dari Bandung, Jawa Barat. Oleh-oleh dari teman sekantor yang mojang Priangan. Hasil googling saya untuk "kopi aroma bandung" sungguh mengejutkan. Mungkin saya adalah blogger kesekian ratus yang membuat posting tentang kopi ini, hehe. Entah bagaimana pengolahannya, tapi untuk ukuran kopi robusta, kopi ini sangat wangi. Bisa jadi cocok buat mereka yang gemar kopi wangi tapi kurang suka rasa asam seperti kopi arabika.



Berikutnya, ada bubuk kopi cap "Bambu Kuning" dari Medan, Sumatera Utara. Yang ini oleh-oleh dari ibunda seorang kerabat yang mudik berlebaran ke Medan. Kemasannya simpel, plastik putih dengan gambar bambu kuning. Entah apa arti Mekar Jaya yang tertera pada kemasan, mungkin nama koperasinya. Yang saya tahu, Sukaramai itu nama pasar.



Ketiga, ada kopi asli toraja dengan merek "Ellen Coffee". Kemasan kantong kertas cokelat bermotif ukiran khas Toraja menjadikannya cukup unik untuk dijadikan buah tangan yang manis. Kalau ingin menghadiahkan sesuatu yang sangat Indonesia, ini salah satu produknya.



Berikutnya, kopi Toraja arabika Kalosi. Selama ini saya hanya pernah mencicipi kopi Toraja Kalosi bikinan kedai kopi. Entah sejauh mana tingkat keberhasilan saya mendapatkan kepekatan kopi seperti yang saya rasakan di kedai. Kalosi sendiri adalah nama desa tempat kopi ini ditanam. Oh ya, yang satu ini bukan oleh-oleh mudik, melainkan dibeli di Jakarta Smile



Itulah sebagian kecil kopi yang dihasilkan oleh petani Indonesia. Sewaktu memotret, saya belum mencicipi kesemua kopi ini. Ketimbang bingung, mungkin saya akan melakukannya secara alfabetis Big Smile Semoga Anda sekalian tergerak untuk ikut mendukung mereka. Meniru ucapan seorang aktivis LSM Afrika tentang permasalahan di benuanya, hanya orang Indonesia sendiri yang tahu masalah di Indonesia, dan hanya orang Indonesia sendiri yang bisa mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Salam ngopi!

PS : Ini baru dari tiga pulau. Berarti, masih ada 17.501 pulau lagi yang bisa ditanami kopi? Big Smile


Erma
August 26, 2010   07:02 AM PDT
 
Kopi Toraja yg mereknya TORAYA sangat siip loh.Enak kopinya cantik kemasannya.Untuk jadi oleh-oleh ..bangga deh. Asli dari Toraja dari ketinggian 1200-1500 M.Kalau minat hubungi aku ya!0811467675
Yantie
January 16, 2010   06:41 PM PST
 
Numpang promo boleh ya.. :-)

Etalase Oleh-oleh Khas Makassar

Kami mendistribusikan produk-produk khas Sulawesi Selatan dan Makassar khususnya seperti Minyak Gosok cap Tawon, Kopi Arabica asli Toraja, Abon Tuna, Sirup Markisa dan lain-lain. Silakan berkunjung :-)
coconut ice
September 10, 2009   10:14 AM PDT
 
Walaupun bukan penggemar kopi , tapi saya selalu mendengar pujian untuk kopi kalosi dari para kopi maniak kayak boss Japanese ku dikantor.
Andai bisa membedakannya rasa dan aromanya... yang dilidahku hanya rasa pahit:(
Name
August 10, 2009   07:19 AM PDT
 
aku alhamdulilah jarang ngopi,
Fiz
November 5, 2008   12:34 PM PST
 
Pas lihat bungkus kopi kedua mendadak jadi ingat garam dapur beryodium... :D
mimi
October 31, 2008   11:59 PM PDT
 
jadi pengin pisang goreng mpok..
mpokb
October 30, 2008   05:50 PM PDT
 
to esha : nggak apa2 non esha... itu normal adanya.. :D

to regsa : lemariku nggak muat sa.. :P

to anang : lho iya.. emang unggul kok... :)

to mlesat : itu namanya jagung dikopiin yak... :)

to escoret : bener mau traktir? waaa.. haram untuk nolak yak? :D

to tito : kalo aye bukan gak tega minumnya, tapi gak tega belinya to... mahal bener.... tega nian yg jual..

to mayssari : waaa.. itu dunia yg kurang akrab buat aye.. liat pohon kopi aja sih pernah :P
mayssari
October 30, 2008   08:02 AM PDT
 
mpok, boleh dunk sekali2 cerita tentang bagaimana petani kopi memetik hasilnya.. atau proses pengolahannya...
salan ngupi juga!!
Tito Sigilipoe
October 29, 2008   03:38 PM PDT
 
ada satu yang kondang. Kopi Luwak. Ditanam di perut luwak :p. Kok tega ya minum itu? OK ditunggu cerita kopi lainnya.
mlesat
October 29, 2008   09:54 AM PDT
 
Jadi ingat dulu waktu kecil, gw suka 'nyruput' kopi bokap. Kopinya 'wurni': kopi saksiwur jagunge sak goni (kopinya satu gayung batok kelapa jagungnya satu karung). hehehe..
Anang
October 29, 2008   09:13 AM PDT
 
harusnya ada tujuh belas ribu kopi ya? kaya banget indonesia... teteup suka kopi indo...

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments








Blogdrive